Berita

Begini Cara Apotek Tetap Buka Saat Wabah Covid-19

Bagaimana caranya agar apotek Sejawat tetap buka selama pandemi COVID-19?

WARTA-APOTEKER.COM, CILEUNGSI – Pada rapat terbatas Senin, 31 Maret 2020 Presdien Joko Widodo meminta agar apotek tetap buka selama pandemi COVID-19. Meski tidak semua wilayah dapat menerapkan hal tersebut, beberapa apotek sudah melakukan antisipasi agar apotek tetap dapat buka. Bagaimana apoteker dapat mengimplementasikan petunjuk dan menerapkan best practice dalam merespon pandemi COVID-19 yang sangat cepat berubah ini. Hingga berita ini diturunkan WARTA-APOTEKER.COM belum mendapatkan adanya petunjuk praktis terkait hal ini dari pihak manapun.

Berbeda dengan pelayanan publik dan bisnis lainnya, apotek harus tetap buka dan memberikan layanan selama pandemi COVID-19 berlangsung. “Memang betul ada kenaikan omzet, tapi bukan itu intinya, sebagai apoteker kami memastikan bahwa seluruh obat dan alat kesehatan yang dijual memenuhi persyaratan,” terang apt. Willy menjawab WARTA-APOTEKER.COM. Willy menambahkan bahwa apoteknya tidak menimbun masker dan mencari keuntungan dari keadaan yang tidak biasa ini seperti yang banyak dituduhkan banyak pihak. “Apoteker tidak hanya menjual obat atau alat kesehatan, apoteker juga memberikan konseling, informasi penting dan suplai kepada pasien dan komunitas lokal sekitar apotek,” jelas apt Willy

Terjadinya lonjakan permintaan obat bersamaan dengan perubahan perilaku publik – seperti panic buying obat OTC, masker dan hand sanitizer sebagai antisipasi karantina wilayah – hal ini akan berimbas menjadi tekanan terhadap apotek. Bagaimana seharusnya apoteker berperan dalam kondisi seperti ini? Berikut rangkuman apt Willy yang disampaikan kepada WARTA-APOTEKER.COM:

  1. Terapkan social distancing
  2. Kurangi interaksi langsung dengan pasien, apotek dapat memanfaatkan gawai untuk berkomunikasi
  3. Komunikasi dengan pasien dengan memasang sign peringatan di apotek
  4. Menjaga keselamatan dan kesehatan staf di apotek, pemanfaatan alat pelindung diri dan tes suhu secara berkala
  5. Menjaga stok obat dan alat kesehatan
  6. Atur jam buka apotek sesuai kebutuhan
  7. Menawarkan pengantaran obat / alat kesehatan kepada pasien

Bagaimana di Indonesia…?