Published On: Sun, Sep 25th, 2016

World Pharmacist Day : Gerakan Apoteker Bermartabat

Share This
Tags

whatsapp-image-2016-09-25-at-18-10-46Minggu, 25 September 2016 Ikatan Keluarga Alumni ISMAFARSI, ISMAFARSI (Ikatan Senat Mahasiswa Farmasi Seluruh Indonesia) bekerjasama dengan Ikatan Apoteker Indonesia, Kementerian Kesehatan mengadakan kegiatan Fun Campaign di Bundaran HI Car Free Day. Kegiatan ini diikuti oleh 650 massa dari mahasiswa farmasi dan apoteker. Peserta fun Campaign melakukan longmarch dari Stasiun Sudirman hingga Bundaran HI. Peserta melakukan sosialisasi dan edukasi mengenai Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat dan juga konsep DaGuSiBu.

“Kami menyerukan Gerakan Apoteker Bermartabat untuk Revolusi Apoteker Indonesia. Gerakan Apoteker Bermartabat terdiri atas 4 seruan yakni :

– Tutup Apotek Tanpa Apoteker (TATAP)
– Indonesia Bebas Obat Palsu
– Indonesia Bebas Obat Kadaluarsa
– Indonesia Bebas Narkoba

Fenomena yang terjadi saat ini mencuatnya vaksin palsu, obat palsu, obat kadaluarsa sangat memperihatinkan. Oleh karena itu dalam rangka World Pharmacist Day atau Hari Apoteker Sedunia 25 September ini kami yang berhimpun dalam Ikatan Keluarga Alumni ISMAFARSI, ISMAFARSI dan masyarakat farmasi Indonesia menyerukan 4 poin Gerakan Apoteker Bermartabat.

Kami mendukung dan mendorong BPOM dan Dinas kesehatan segera menyelesaikan kasus obat palsu dan obat kadaluarsa. Hal terpenting sebagai calon apoteker Indonesia kami siap membantu pemerintah untuk mensosialisasikan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat, Apoteker Bertanggungjawab demi Indonesia sehat, ujar Koordinator kegiatan Ridho Muhammad Sakti, Sekretaris Jenderal ISMAFARSI 2014-2016 demisioner juga mahasiswa berprestasi farmasi UI.

Aksi yang kami bawa adalah bentuk dari kecintaan & kepedulian kami untuk perubahan Indonesia Sehat yang lebih baik dan bermartabat. Fenomena yang terjadi hari ini kita coba untuk mengerucutkan 4 permasalahan terbesar yang ada di Obat palsu, Obat kadaluarsa, Apotek Tanpa Apoteker, dan Narkoba. Semoga dengan aksi ini masyarakat turut tergerak setiap gerakan positif dari pemuda Indonesia, ujar Ridho.

Turut berpartisipasi Direktur Pelayanan Kefarmasian Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, R. Dettie Yuliaty, M.Si, Apt, Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia DKI Jakarta, Badan POM, Apoteker-apoteker se-Indonesia dan mahasiswa farmasi Indonesia.

Kegiatan ini merupakan wujud tanggung jawab kami sebagai Apoteker untuk memberikan informasi ke masyarakat tentang cara cerdas menggunakan obat. Selain itu kita juga mengajak Apoteker yang ada di seluruh Indonesia untuk dapat Praktek Bertanggungjawab sebagaimana pilar pergerakan IAI (Ikatan Apoteker Indonesia) saat ini. Hal ini untuk mengurangi dampak dari peredaran obat palsu di tengah masyarakat, ujar Jefri Efranda, Humas IKA-ISMAFARSI yang sekaligus mewakili IAI.

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>