Published On: Wed, Feb 15th, 2017

Seminar & Workshop “World Cancer Day” Farmasi Universitas Tulang Bawang

Share This
Tags

Optimalisasi Peran Apoteker Terhadap Pasien Kanker Serviks sengaja dipilih panitia sebagai tema Seminar & Workshop dalam rangka memperingati World Cancer Day 2017. Seminar yang akan menghadirkan empat narasumber ini rencanannya akan dihelat di Graha Nusantara, Hotel Nusantara pada Sabtu, 18 Februari 2017.

Berikut keempat narasumber dengan topik materi yang dibawakan:

  1. dr. Hj. Reihana, M.Kes (Kepala Dinas Kesehatan Lampung) ~ “Program Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Dalam Upaya Deteksi & Pencegahan Kanker Serviks Di Wilayah Lampung Dengan Melibatkan Apoteker”
  2. Dr. Widyati, MClin.Pharm., Apt (Apoteker Klinis RSAL Ramelan, Surabaya) ~ “Pharmaceutical Care on Cervical Cancer”
  3. Ardiyansyah Kahuripan, M.Si., Apt (Ketua PD IAI Lampung) ~ “Optimalisasi Kontribusi Apoteker Dalam Penanganan Pasien Kanker Serviks”
  4. Fauzan Arafat, S.Far., Apt (Apoteker Praktisi RSCM) ~ “Workshop Safe Handling of Cytotoxic Drug” –> Menyiapkan Pelayanan Onkologi di Rumah Sakit

Nopiansyah, S.Si., Apt, Sekretaris Jurusan Farmasi UTB (kiri) berfoto bersama dengan Penny Lukito Kepala BPOM RI di sela-sela acara Rakernas dan PIT IAI, September 2016 di Yogyakarta  (Foto: Istimewa)

“Diharapkan kepada seluruh peserta yang mengikuti kegiatan ini mampu melakukan pelayanan asuhan kefarmasian kepada pasien kanker serviks dan mampu menerapkannya untuk penyakit kanker lainnya,” ungkap Nopiansyah, S.Si., Apt yang akrab dipanggil Ryan, Dosen Farmasi UTB. Khusus bagi mahasiswa, kegiatan seminar dan workshop ini memberikan pengetahuan praktis berupa ilmu aplikasi yang biasa dilakukan di RS oleh para pemateri yang ahli di bidangnya terang Ryan melalui Whatsapp. Selain mendapat dukungan dari internal seperti Rektorat dan Dekanat, Ryan menyampaikan bahwa kegiatan ini juga mendapat dukungan penuh dari Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dan PD IAI Lampung.

Acara Seminar & Workshop dalam rangka World Cancer Day ini diselenggarakan oleh BEM FMIPA Farmasi Universitas Tulang Bawang yang dirangkaikan dengan kegiatan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) XIII ISMAFARSI JABODELATA, Jum’at – Minggu, 17 – 19 Februari 2017. “Tema Rakerwilnya sendiri adalah Creative Idea for Better ISMAFARSI , seluruh kegiatannya dipusatkan di Balai Pelatihan Dinas Kesehatan Lampung,” jelas Ketua Panitia, Wiki, kepada Warta Apoteker. Wiki menambahkan bahwa tujuan diselenggarakannya Rakerwil ini antara lain, Pelantikkan Staf Ahli Wilayah ISMAFARSI JABODELATA periode 2016 – 2018 yang akan dilantik oleh Koordinator ISMAFARSI JABODELATA.

Wiki menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan ISMAFARSI JABODELATA dan BEM FMIPA Farmasi UTB bertindak selaku tuan rumah dan panitia pelaksana. Sebelumnya BEM FMIPA Farmasi UTB telah melakukan Kampanye Informasi Obat (KIO) bertepatan dengan World Cancer Day, Sabtu 4 Februari 2017 di sekitar Mall Bumi Kedaton, Tugu Adipura Bandar Lampung, Lampu Merah Zainal Abidin dan Lampu Merah Teuku Umar berupa penyebaran pamflet tentang kanker serviks. #WorldCancerDay #CancerDay2017 #WeCanICan #ISMAFARSI #JABODELATA

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>