Published On: Mon, Aug 4th, 2014

Pos POM Diusul Naik Jadi Balai

Share This
Tags

Ternate, Warta Apoteker – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Malut memandang penting kehadiran Balai Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) Malut. Karena itu, Pemprov akan segera berkoordinasi dengan Badan POM dalam rangka peningkatan status Pos POM Ternate menjadi BPOM Malut.

“Kita akan usulkan ke Badan POM pusat untuk peningkatan status Pos POM Ternate menjadi Balai POM,”kata Wakil Gubernur (Wagub) M Natsir Thaib kepada wartawan saat open house lebaran di kediamannya, Tabona, Ternate Selatan, belum lama ini.

“Surat pengusulan sudah dibuat. Tinggal ditandatangani oleh Pak Gubernur pada Senin nanti (Hari ini, 4 Agustus) dan selanjutnya disampaikan kepada Badan POM pusat,” imbuhnya.   

Wagub mengatakan peningkatan status dari Pos POM menjadi Balai POM merupakan sebuah tuntutan kondisional. “Malut  ini meliputi 8 kabupaten dan dua kota. Sehingga jangkauan pengawasannya  harus ditingkatkan. Untuk itu, Pos POM harus naik statusnya menjadi Balai POM. Tidak lagi di bawah Balai POM Manado,”ujarnya. 

Wagub lantas membandingkan dengan Provinsi Gorontalo yang saat ini sudah memiliki Balai POM tersendiri. “Padahal di Gorontalo hanya memiliki 6 kabupaten kota,”sambung Wagub. 

“Saya juga lihat kantor mereka (POM) di Sofifi bagus  dan  sangat representatif. Makanya, sayang kalau statusnya hanya Pos,” imbuhnya. Wagub menambahkan tugas pokok dan fungsi lembaga POM ini termasuk vital karena berhubungan hak-hak masyarakat selaku konsumen.

“Jadi kita akan usulkan agar ada peningkatan status dari Pos POM menjadi Balai POM. Hal ini sesuai dengan kondisi kita di Malut,”pungkasnya. (wat/fai)

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>