Published On: Fri, Sep 16th, 2016

Olimpiade Farmasi Indonesia 2016

Share This
Tags

warta-apoteker-pamflet-lengkap-ofiOlimpiade Farmasi Indonesia VIII akan berlangsung pada 26 – 31 Oktober 2016 di Fakultas Farmasi Universitas Andalas. Ini adalah kali kelima Fakultas Farmasi Universitas Andalas menjadi penyelenggara OFI. Hal tersebut tidak mengherankan karena OFI sendiri digagas oleh Fakultas Farmasi Universitas Andalas dan didukung penuh oleh Dirjen DIKTI dalam bentuk pemberian Piala Bergilir. Kegiatan yang pertama kali dilaksanakan pada tahun 2009 ini menjadi ajang bergengsi kompetisi kefarmasian di tanah air. “Panitia menyediakan Medali Emas, Perak dan Perunggu untuk masing-masing pemenang tiap babak dalam ajang OFI ini dan kami menyediakan Piala Bergilir dari Dirjen DIKTI bagi Juara Umum OFI dan sejumlah hadiah menarik lainnya berupa Tabanas bagi Juara 1, Juara 2 dan Juara 3,” ungkap Hasnah salah satu panitia OFI yang dihubungi Warta Apoteker. Hasnah menambahkan bahwa OFI I diselenggarakan berbarengan dengan Dies Natalis Fakultas Farmasi Universitas Andalas ke-45 pada tahun 2009.

“Panitia menyediakan Medali Emas, Perak dan Perunggu untuk masing-masing pemenang tiap babak dalam ajang OFI ini …”

Juara I dan Juara III, OFI II tahun 2010 (Foto: Istimewa / Zuanta)

“Tetapi untuk menentukan Juara Umum, Panitia akan menghitung jumlah poin yang dikumpulkan sejak babak penyisihan. Peserta yang memperoleh nilai 100 akan mendapat medali emas, nilai 75 mendapat medali perak dan nilai 50 mendapat medali perunggu,” ungkap Hasnah. “Sementara yang berhak membawa tropi bergilir Dirjen DIKTI adalah perguruan tinggi yang mampu menyabet poin tertinggi berdasarkan kumulatif dari dua jenis bidang lomba,” pungkas Hasnah melalui WhatsApp kepada Warta Apoteker. OFI untuk pertama kali dilaksanakan di Fakultas Farmasi Universitas Andalas tahun 2009 bersamaan dengan Dies Natalis ke-45 Fakultas Farmasi Universitas Andalas. OFI ini memperlombakan 2 bidang ilmu yaitu sains dan teknologi farmasi/farmasetik dan farmakologi / farmasi klinis.

Layaknya sebuah olimpiade olahraga, OFI juga memberlakukan Babak Penyisihan, Babak Semifinal dan Babak Final bagi peserta Mahasiswa Farmasi S1 yang masih aktif dan terdaftar pada semester berjalan yang berasal dari perguruan tinggi farmasi di Indonesia. “Juara Umum OFI tahun 2015 lalu adalah Sekolah Farmasi ITB,” ungkap Hasnah. “Sekolah Farmasi ITB berhasil meraih Juara Umum sebanyak empat kali dari delapan kali penyelenggaraan OFI,” lanjut Hasnah yang tercatat sebagai mahasiswi semester 7 Fakultas Farmasi Universitas Andalas ini.

OFI sendiri ini bertujuan untuk:

  1. Menggali dan mengasah kemampuan mahasiswa farmasi se-Indonesia di bidang IPTEK kefarmasian.
  2. Mengembangkan hard skill dan soft skill antar mahasiswa farmasi se-Indonesia
  3. Sebagai ajang untuk menjalin silaturrahim dan persaudaraan antar sesama mahasiswa farmasi se-Indonesia
  4. Sebagai wadah untuk saling tukar informasi berkaitan dengan perkembangan IPTEK kefarmasian
Juara Umum Olimpiade Farmasi Indonesia ke-4 (Foto: Istimewa / Tumblr)

Farmasi Universitas Indonesia, Juara Umum Olimpiade Farmasi Indonesia ke-4 (Foto: Istimewa / Tumblr)

Sementara itu Panitia OFI dibawah koordinasi Komite OFI, membagi bidang lomba menjadi dua kategori yaitu;

  1. Kelompok Farmaseutika/ Farmasi Sains
  2. Kelompok Farmakologi/Farmasi Klinis

Selain membagi bidang lomba, KOFI juga berkewajiban menentukan Dewan Juri dan Tim Pembuat soal yang terdiri dari Dosen Farmasi yang kompeten anggota Asosiasi Perguruan Tinggi Farmasi Indonesia (APTFI) dan praktisi.

OFI VIII akan dilaksanakan di Universitas Andalas dengan mengangkatkan tema “ Become better with healthy competition to be a better pharmacist”

Informasi lengkap dapat mengunjungi website resmi OFI di Olimpiade Farmasi Indonesia

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>