Published On: Sat, Jan 7th, 2017

Holding Farmasi, koq coba-coba ?

Share This
Tags

Alih-alih menjadi BUMN Farmasi yang kuat dan sehat, pembentukan holding BUMN Farmasi dipertanyakan oleh Sampurno, Doktor Manajemen Stratejik alumnni Universitas Indonesia. “Yang perlu digarisbawahi adalah apa yang menjadi tujuan sebenarnya pembentukkan holding farmasi,” jelas Sampurno menjawab Warta Apoteker melalui WA.

Sampurno melanjutkan bahwa tujuan utama pembentukkan holding farmasi adalah supaya terjadi sinergi bisnis yang menghasilkan nilai tambah yang lebih besar dan meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Sampurno justru mempertanyakan startegi pemerintah untuk membentuk holding farmasi ini. “Apakah Bio Farma memiliki keterkaitan core dengan Kimia Farma dan Indo Farma ?” tanya Sampurno. Sampurno menambahkan bahwa perusahaan yang dijadikan holding harus mempunyai core bisnis dan core competency yang paralel.

Meski pembentukkan holding farmasi ini telah mendapat lampu hijau dari Jokowi dan DPR. “Pertanyaan berikutnya jika perusahaan tidak sehat dimerger dengan perusahaan sehat apa hasil akhirnya?” tanya Sampurno serius. Bio Farma sangat sehat sementara Indo Farma sakit kronis, apakah setelah digabung akan menjadi sehat ?

Bio Farma pasarnya telah terluaskan dengan ekspor sedang Indo Farma mapun Kimia Farma hanya local market? Apa bisa terjadi sinergisme ke arah ekspor.

Dr. Sampurno, MBA, Apt

Kekhawatiran Sampurno beralasan karena kabarnya¬†holding farmasi akan dipimpin oleh seorang eksekutif dari Perusahaan Gas Negara.¬†Informasi yang diterima Warta Apoteker bahwa saat ini pembentukkan holding farmasi sudah memasuki tahap akhir, hanya masalah administrasi hingga terbitnya Peraturan Pemerintah. “Apakah orang tersebut memiliki tacit knowledge dalam industri dan bisnis farmasi,” tanya Sampurno keheranan.

Terpilihnya dia hanya berdasarkan assessment teoritis belum pernah dibuktikan dengan rekam jejak yang telah teruji. Ada trial and error dengan risiko BUMN farmasi sebagai taruhannya.

Holding Farmasi, koq coba-coba ?

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>