Published On: Wed, Nov 23rd, 2016

HKN52: Baksosku untuk Sulteng & Indonesiaku

Share This
Tags
Konseling dan PIO oleh Apoteker

Apoteker anggota PD IAI Sulteng tampak memberikan konseling kepada salah seorang warga pada kegiatan bakti sosial di Desa Layana Indah (Foto: Istimewa / Dokumen Pribadi Irmin, S.Farm., Apt)

WARTA-APOTEKER.COM / PALU. Minggu, 20 November 2016, sejak pagi sekitar pukul 7 di bawah rintik hujan di Kelurahan Layana Indah, Kecamatan Mantikulore, para tenaga kesehatan yang terdiri dari Dokter, Apoteker dan Perawat berkumpul menyelenggarakan Bakti Sosial. Para tenaga kesehatan yang terlibat mendapat dukungan penuh dari organisasi profesi setempat seperti PC IAI Kota Palu, PC IDI Kota Palu dan PPNI Kota Palu. Kegiatan ini merupakan inisiasi dari  PD IAI Sulteng yang menetapkan Kota Palu sebagai tempat penyelenggaraan sebagai implementasi program kerja organisasi sekaligus memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 52.

Kesuksesan kegiatan baksos ini dapat dilihat dari antusiasme warga yang mengikuti seluruh rangkaian kegiatan dari pagi hingga siang hari. Terlihat bahwa tidak satupun warga yang beranjak meninggalkan lokasi acara. Warga masyarakat mendapatkan pelayanan kesehatan gratis berupa pemeriksaan kesehatan, pengukuran tekanan darah tinggi dan pemberian obat. Tak ketinggalan dalam kegiatan baksos kali ini disisipkan juga kegiatan Sosialisasi Gema Cermat, Kampanye DAGUSIBU dan Kampanye Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA).

“PD IAI Sulteng berinisiatif mengajak seluruh pemangku kepentingan untuk berpartisipasi dalam memperingati Hari Kesehatan Nasional ke 52”, ungkap Ketua PD IAI Sulteng, Jamaluddin, S.Si., S.H., Apt. Jamaluddin menambahkan bahwa untuk IAI sendiri, Beliau membawa misi khusus untuk mendekatkan, mengakrabkan dan memperkenalkan profesi apoteker kepada masyarakat.

foto bersama

Foto bersama panitia, apoteker, dokter dan perawat seusai mengikuti kegiatan bakti sosial. (Foto: Istimewa / Dokumentasi Pribadi Irmin, S.Farm., Apt)

Pada kesempatan berbeda, Elvia Hasni, Apt selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa jumlah peserta yang ikut dalam kegiatan bakti sosial kali ini sekitar 200 orang. “Kami mengucapkan terima kasih banyak kepada Bapak Gubernur Sulawesi Tengah, Drs. Longki Djanggola, M.Si., Apt, PD IAI Sulteng, PC IAI Kota Palu, PC IDI Kota Palu dan PPNI Kota Palu serta seluruh warga masyarakat Desa Layana Indah yang sudah bekerja sama dan memberikan bantuan sehingga terlaksananya kegiatan baksos ini. Tak lupa juga untuk IKA ISMAFARSI yang membantu banyak sehingga kegiatan bakti sosial dapat terlaksana” ucap Elvia Hasni, Apt saat membuka acara.

Tampak mengikuti kegiatan bakti sosial pejabat Dinas Kesehatan Provinsi Sulteng dan Kota Palu, Kepala Balai POM Sulteng (Drs. Safriansyah, M.Kes., Apt), Pengurus PD IAI Sulteng, Pengurus PC IAI Kota Palu yang juga Wakil Dekan I FMIPA Universitas Tadulako (Abdul Rahman Razak, Apt), Wakil Sekretaris IKA ISMAFARSI, Irmin, S.Farm., Apt.

Sementara itu, Ariep Nursalam selaku Lurah Layana Indah menyambut baik dan gembira kegiatan bakti sosial di wilayahnya. Beliau berharap edukasi tentang obat, makanan dan pangan dapat terus dilakukan secara berkelanjutan sehingga harapan masyarakat hidup sehat dapat dicapai. Secara khusus, Ariep Nursalam menyampaikan ucapan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh panitia berupa bingkisan sembako kepada 240 KK di wilayahnya.

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>