Published On: Tue, Jun 5th, 2018

BPJS Kesehatan: Apotek nakal, putus Perjanjian Kerja Sama

Share This
Tags

Warta-Apoteker, Kalibata. Ditengarai telah terjadi fraud di beberapa apotek yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan di Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. Andayani Budi Lestari, Direktur Kepesertaan dan Pemasaran BPJS Kesehatan dengan tegas akan memutus perjanjian kerja sama yang telah dilakukan. “Bisa kita putus PKS (perjanjain Kerja Sama, red)-nya ya, kalau memang kedapatan apotek menolak memberikan obat yang diresepkan dokter untuk pasien BPJS dengan alasan obat kosong. Padahal obat yang sama dijual kepada pasien non BPJS Kesehatan,” tegas Andayani Budi Lestari, yang akrab disapa Aniek.

Aniek menyatakan untuk pasien umum bukanlah kewenangan pihaknya dan BPJS Kesehatan hanya membayar sesuai dengan harga e-katalog. Hal tersebut menjawab fakta di lapangan dari hasil temuan ORI NTB yang menemukan apotek menjual melebihi harga eceran tertinggi (HET) yang tercantum di kemasan obat. “Kalau untuk pasien umum, bukan kewenangan kami (BPJS Kesehatan),” jelas Aniek kepada Warta Apoteker.

Seperti dilansir radarlombok.co.id, berdasarkan laporan yang masuk dari masyarakat ke ORI NTB, akhirnya berhasil mengungkap kecurangan yang dilakukan apotek. “Ombudsman sesuai kewenangannya dalam UU Nomor 37 Tahun 2008 yakni mengawasi penyelenggaraan pelayanan publik. Kami telah mendapatkan laporan masyarakat terkait dugaan praktik kecurangan yang dilakukan oleh apotek mitra BPJS dalam menyalurkan obat bagi peserta BPJS,” ungkap Adhar, Sabtu (2/6).

Hasil investigasi tertutup yang dilakukan ORI NTB dapat disimpulkan telah terjadi fraud di apotek. Bentuk fraud yang dimaksud dapat berupa:
1. Apotek menjual melebihi harga eceran tertinggi (HET) yg tercantum di kemasan obat kepada pasien umum
2. Apotek menolak memberikan obat yang diresepkan dokter untuk pasien BPJS dengan alasan obat kosong sementara untuk pasien non BPJS, apotek memberikan.

Langkah-langkah lebih lanjut telah dilakukan ORI NTB dengan menggandeng BPJS Kesehatan untuk segera menyelesaiakn masalah ini.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>