Published On: Mon, Sep 26th, 2016

Apoteker Harus Bisa Move On

Share This
Tags
14359251_10210485665727269_1522502078607440943_n

Dra. R. Dettie Yuliati, Apt., M.Si, Direktur Pelayanan Kefarmasian Kemenkes RI didaulat memberikan orasi kepada peserta World Pharmacist Day (Foto : Istimewa / Warta Apoteker)

Ikatan Keluarga Alumni ISMAFARSI berinisiatif menyelenggarakan serangkaian kegiatan dalam rangka memperingati World Pharmacist Day atau Hari Apoteker Dunia pada 25 September 2016 yang dipusatkan di Bunderan Hotel Indonesia. Hal tersebut disampaikan Zainul Islam, M.Farm., Apt disela-sela rangkaian acara Campaign Fun persis di depan Hotel Indonesia. “IKA ISMAFARSI sengaja memilih momen peringatan World Pharmacist Day untuk memperkenalkan apoteker kepada masyarakat,” jelasnya kepada Warta Apoteker. Zainul yang juga tercatat sebagai staf pengajar di Fakultas Farmasi dan Sain Uhamka menambahkan bahwa keberadaan apoteker di sarana pelayanan kesehatan memiliki peranan yang sangat penting. “Masyarakat yang memerlukan informasi terkait dengan obat dan sediaan farmasi lainnya dapat langsung bertanya kepada apoteker di sarana pelayanan yang mereka jumpai di sekitar tempat tinggalnya,” ungkap Zainul sambil menunjukkan beberapa brosur informasi obat yang berada di tangannya. Zainul berharap dari 1000 orang peserta kegiatan ini dapat menularkan kepada teman-teman dan menjadi gelombang gerakan yang mampu mengubah persepsi masyarakat akan profesi apoteker.

14457262_1682158992112083_8158744023176888561_n

Nopiyansyah S.Si., Apt (berjas putih tulang) selesai menandatangani Gerakan Apoteker Praktek Bertanggungjawab bersama Ibu Dr. Dra. Agusdini Banun Saptaningsih, MARS, Apt, Sekretaris Direktorat Jenderal Kefarmasian & Alat Kesehatan, Kemenkes RI (Foto: Istimewa / Warta Apoteker)

“IKA ISMAFARSI sengaja memilih momen peringatan World Pharmacist Day untuk memperkenalkan apoteker kepada masyarakat,” jelasnya kepada Warta Apoteker.

Ditemui di lokasi yang sama salah seorang panitia yang juga Pengurus Daerah IAI Lampung, Nopiyansyah, S.Si., Apt, Ketua Bidang Organisasi dan Kaderisasi Leadership menyambut gembira dengan diadakannya kegiatan ini. “Kami dari Lampung hadir bersama 10 orang apoteker untuk ikut meramaikan kegiatan ini, kebetulan saya juga panitia dari kegiatan ini,’ jelas Nopiyansyah. Menurutnya PD IAI Lampung juga akan melakukan kegiatan serupa di Lampung dan dipusatkan di Kota Bandar Lampung pada 2 Oktober 2016. “Bentuk kegiatannya tidak akan berbeda jauh dengan yang kita lakukan di sini,” jelas Nopiyansyah. “Sebagai pengurus IAI kita ingin apoteker bisa segera Move On, tampil di depan berhadapan dengan pasien, tidak hanya bekerja di belakang layar,” harap Nopiyansyah menutup pembicaraan.

Berita terkait World Pharmacist Day di koran online nasional.

  1. Republika: Aksi Hari Apoteker se-Dunia di Car Free Day
  2. Harian Terbit: World Pharmacist Day ~ Gerakan Apoteker Bermartabat
  3. Tribun News: ISMAFARSI Serukan Tutup Apotek Tanpa Apoteker
  4. Tempo: Hari Apoteker Sedunia, Masyarakat Diajak Cerdas Gunakan Obat

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>