Published On: Tue, Feb 2nd, 2016

Aplikasi Ini Mudahkan Pembelian Obat Tanpa Harus ke Apotek

Share This
Tags

Aplikasi Apotik Antar (Foto: Dokumentasi Apotik Antar)

JAKARTA, KOMPAS.com – Antre saat membeli obat, kehabisan obat di apotek, hingga jalanan macet menuju apotek barangkali sering menjadi masalah seseorang saat ingin membeli obat. Alasan itulah yang membuat perusahaan teknologi M-Health Indonesia meluncurkan aplikasi Apotik Antar.

“Lewat aplikasi, orang tinggal pilih obat yang dicari, setelah pesan, nanti langsung diantar oleh driver. Kurang dari 1 jam, obatnya sampai,” ujar CEO M-Health Tech Jonathan Sudharta saat ditemui Kompas.com di Jakarta, Senin (1/2/2016).

Jonathan menjelaskan, saat ini aplikasi Apotik Antar sudah terhubung dengan 200 apotek di wilatah Jadetabek (Jakarta, Depok, Tangerang, dan Bekasi). Ketika memesan obat lewat aplikasi tersebut, sejumlah apotek terdekat dengan jarak 5 kilometer akan mendapat informasi pemesanan obat.

Bekerja sama dengan Go-Jek, pengendara Go-Jek terdekat kemudian akan mengambil obat pesanan di apotek dan mengantarkannya ke konsumen.

Dengan begitu, konsumen tak perlu repot datang ke apotek dan mendapat kepastian adanya obat yang dibutuhkan.

“Ada obat bebas dan obat resep. Tapi, untuk obat resep, orang itu harus upload foto resepnya. Ada pilihannya di aplikasi,” terang Jonathan.

Konsumen juga bisa menanyakan cara pemakaian obat yang akan dihubungkan oleh pihak aplikasi Apotik Antar. Harga obat pun mengikuti harga di apotek.

Jonathan menegaskan, Apotik Antar bukan cyber apotek, melainkan hanya aplikasi yang membantu pendistribusian obat dari apotek ke konsumen.

Rencananya, aplikasi Apotik Antar ini juga bisa digunakan di seluruh Indonesia yang bekerja sama dengan ribuan apotek. Jonathan memastikan, Apotik Antar hanya bekerja sama dengan apotek resmi dan berizin untuk keamanan konsumen.

“Bulan Februari ini akan ada juga di Bogor. Sebenarnya, kita punyanetwork 14 ribu apotek itu di seluruh Indonesia. Kita siap mengaktifkan mereka di aplikasi kapan saja kalau mau bergabung,” ujar Jonathan.

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Displaying 1 Comments
Have Your Say
  1. nayundra says:

    bagaimana dengan konseling obatnya ? kalo seperti ini konsumen/pasien tidak mendapatkan informasi langsung mengenai obat obatan dong? terima kasih

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>