Published On: Mon, Nov 14th, 2016

“Aksi Sehat Untuk Indonesia Bersama IKA ISMAFARSI, KEMENKES RI, BPOM RI”

Share This
Tags

whatsapp-image-2016-11-13-at-09-21-13Jakarta, 13 November 2016 – Warta Apoteker

Ikatan Keluarga Alumni ISMAFARSI (IKA ISMAFARSI) & ISMAFARSI berkolaborasi bersama Direktorat Jenderal Kefarmasian & Alkes Kemenkes RI, Badan POM RI, Pengurus Daerah Ikatan Apoteker Indonesia DKI Jakarta menyelenggarakan Aksi Sehat Untuk Indonesia dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Nasional ke-52 di Car Free Day Bundaran HI. “Peserta Longmarch berjumlah 1100 mahasiswa farmasi, apoteker, dan masyarakat yang berasal dari “Jakarta, Banten, Tangerang, Bogor, Depok, Lampung, Palembang, Kalimantan, Bandung, Tegal, Yogyakarta dilepas secara simbolik oleh Kepala Badan POM RI, Ir. Penny K. Lukito, MCP didampingi Sekretaris Utama Dra. Reri Indriani, MSi, Apt, Sekretaris Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan DR. Agusdini Banun, MARS, Apt, Direktur Pelayanan Kefarmasian dan Alat Kesehatan Dra. Dettie Yuiati, M.Si, Apt, Direktur Pengawasan Alat Kesehatan Ir. Sodikin Sadek.

“Direktur Pelayanan Kefarmasian Ditjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan Kementerian Kesehatan Dra. R. Dettie Yuliati, M.Si, Apt dalam sambutannya memaparkan tema “Masyarakat Hidup Sehat, Indonesia Kuat dapat dimaknai secara luas dalam upaya preventif dan promotif, seiring dengan Program Indonesia Sehat melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) yang tahun ini diluncurkan oleh Menteri kesehatan.”Gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) menekankan pentingnya edukasi bagi masyarakat agar berperilaku sehat. Sejalan dengan itu, terkait obat, tahun lalu telah diluncurkan Gerakan Masyarakat Cerdas Menggunakan Obat (GeMa CerMat).” Gema Cermat merupakan upaya bersama antara pemerintah dan masyarakat melalui rangkaian kegiatan dalam rangka mewujudkan kepedulian, kesadaran, pemahaman dan keterampilan masyarakat dalam menggunakan obat secara tepat dan benar, ujar Dettie “

Ir. R. Penny K. Lukito, MCP., Ph.D
Kepala BPOM Ri, Penny Lukito memberikan orasinya di hadapan para peserta Aksi Sehat (Foto: Istimewa IKA ISMAFARSI / Joko)
“Kepala Badan POM RI Ir. Penny K. Lukito, MCP, Ph.D mengajak masyarakat untuk menjadi konsumen cerdas dengan mengonsumsi Obat dan Makanan yang aman. Selain itu masyarakat dihimbau untuk menjalankan pola hidup sehat, rajin berolahraga, istirahat teratur, serta mengonsumsi pangan bergizi seimbang. Pastikan makanan yang dikonsumsi memiliki izin edar Badan POM. “Hari ini kita berkumpul disini dalam rangka mendukung hari kesehatan nasional karena masyarakat harus sehat agar Indonesia Kuat, “pesannya. “”Masyarakat harus menjadi konsumen cerdas agar terhindar dari Obat dan Makanan yang berbahaya bagi kesehatan. “ujar Penny.”

“Aksi Sehat Untuk Indonesia ini adalah salah satu upaya IKA ISMAFARSI dan ISMAFARSI didukung oleh Kemenkes RI, Badan POM RI, PD IAI Jakarta dengan mengajak masyarakat Indonesia, mahasiswa farmasi dan apoteker di CFD Bundaran HI untuk membiasakan diri pola hidup sehat salah satunya yaitu berolahraga di acara Longmarch, ujar Ridho Muhammad Sakti Project Officer HKN 52. “Kami bersama Kemenkes RI dan BPOM RI melakukan sosialisasi masyarakat hidup sehat dengan olahraga “dan istirahat teratur, mengkonsumsi cukup nutrisi, bahaya penggunaan obat secara tidak tepat dan pentingnya informasi obat bagi masyarakat, gerakan masyarakat cerdas menggunakan obat (Gema Cermat), dan Gerakan Nasional Peduli Obat dan Pangan Aman (GNPOPA). Selain itu kami mempersiapkan posko edukasi masyarakat untuk konseling kesehatan, Tanya Lima-O, Aksi Teatrikal oleh ISMAFARSI, Kampanye Anti Obat Palsu / STOP (Supaya Terhindar Obat Palsu), ujar Ridho Mantan Sekretaris Jenderal ISMAFARSI 2014-2016.

About the Author

- Saya dapat dihubungi di Ahmad@Subagiyo.Com

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>