Published On: Sun, Jul 7th, 2019

Wakil Ketua I HISFARKESMAS Meraih Penghargaan P4GN

Share This
Tags
Iis Rukmawati, S.Si., MM.Kes., Apt, Apoteker UPT Puskesmas Ibrahim Adjie, Kota Bandung. (Foto: Istimewa / Fit Radio Bandung)

WARTA-APOTEKER.COM, CILEUNGSI — Namanya masuk dalam 12 penerima penghargaan Program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN). Apoteker termasuk 12 sektor yang mendapat penghargaan, sementra sektor lainnya adalah masyarakat, pegiat pendidikan, Dinas Kesehatan, Ikatan Perkumpulan Pengusaha Reklame, media massa, hingga pegiat lingkungan. Iis Rukmawati, S.Si., MM.Kes., Apt, apoteker yang berdinas di UPT Puskesmas Ibrahim Adjie Kota Bandung adalah penerima penghargaan dimaksud.

Penghargaan tersebut diberikan dalam rangkaian peringatan Hari Anti Narkoba Internasional (HANI) yang diselenggarakan BNN Kota Bandung. Penghargaan diberikan kepada para tokoh yang dinilai berkontribusi dalam menyukseskan gerakan P4GN. “Apoteker, terutama kami yang di puskesmas, berperan pada lini pertama masyarakat baik dalam pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba,” terang Iis.

Iis memberikan contoh ketika pada saat dilakukan tes didapati hasil positif golongan benzo, maka apoteker dapat memainkan peran pentingnya. Peran dimaksud seperti menanyakan apakah sedang mengkonsumsi obat tertentu, di mana dan bagaimana cara memperolehnya. Iis menambahkan sedikitnya ada 15 puskesmas yang ditunjuk untuk menangani rehabilitasi narkoba di Kota Bandung.

“Sebagai apoteker ini penting dilakukan karena kita ketahui bersama bahwa ada beberapa obat yang dapat memberikan hasil positif benzo,” papar Iis. Masih menurut Iis obat tersebut antara lain; fenilefrin, dekstrometorfan, analsik bahkan ranitidin dan siprofloksasin juga dapat memberikan hasil postif benzo.

Iis yang tercatat sebagai Wakil Ketua I HISFARKESMAS melalui WARTA-APOTEKER.COM berpesan kepada seluruh apoteker di Indonesia agar menjadi apoteker yang bertanggungjawab.

“Jadilah apoteker yang bertanggung jawab, bahkan dalam mengambil keputusan kode etik harus dijaga pula jangan sembarangan menjual obat-obatan yang harus dengan resep dokter, salam sehat”

Pesan Iis Rukmawati, Wakil Ketua I HISFARKESMAS

Nih, para penerima penghargaan:
1. Purwanti Budi Rahayu (lingkungan pendidikan)
2. Deni Maulana Akbar (instansi swasta)
3. Yus Jayusman (lingkungan masyarakat)
4. Bambang Sukardi (Camat Gedebage)
5. M. Arief Budiman (Lurah Burangrang)
6. Iis Rukmawati (Apoteker)
7. Dinie Anggraeni Dewi (Dosen Uninus)
8. Mashuri Alwi (Kepala Seksi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas I Bandung)
9. Priana Wirasaputra (Asisten Pemerintahan dan Kesra Kota Bandung)
10. Rita Verita (Kepala Dinas Kesehatan Kota Bandung)
11. Billy Imam Subekti (Ikatan Perkumpulan Pengusaha Reklame Kota Bandung)
12. Iqbal Pratama (Wakil Pemred PRFM)

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>