Published On: Fri, Jul 5th, 2019

BPOM RI: Tidak Ada Evaluasi Penandaan Kosmetik

Share This
Tags
Notified of Korea Cosmetic Product 2014 – 2018 (Slide presentasi BPOM RI)

WARTA-APOTEKER, SENAYAN — BPOM RI tidak akan melakukan evaluasi terhadap penandaan kosmetik yang beredar, termasuk kosmetik halal yang diklaim pelaku usaha. “Untuk kosmetika, BPOM RI sudah memberlakukan notifikasi secara daring melalui NOTIFKOS,” jelas Dra. Kenti Sintawati, Apt. Klaim kosmetika halal oleh pelaku usaha harus dibuktikan dengan sertifikat halal pada saat BPOM melakukan Post Market Evaluation. Hal tersebut disampaikan Kenti Sintawati kepada peserta Introduction License & Ceritification In Indonesia di Hotel Mulia, Jakarta.

Kenti Sintawati menggantikan Kepala BPOM RI, Penny Lukito Kusumastuti yang behalangan hadir karena sedang berada di Semarang. Forum yang digagas oleh Korea Trade-Investment Promotion Agency didukung oleh Embassy of The Republic of Korea ini dihadiri oleh pengusaha dari Korea Selatan. Kenti Sintawati menambahkan dengan diberlakukannya UU No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal dan Peraturan Pemerintah No. 31 Tahun 2019 Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 33 Tahun 2014, pihaknya sudah melakukan kerjasama dengan BPJPH.

Poin-poin terkait kerjasama dimaksud antara lain:
1. Sertifikat Halal untuk obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan dan makanan (minuman).
2. Pengawasan Produk Halal untuk obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan dan makanan (minuman) di pasar.
3. Rekomendasi pencabutan sertifikat halal untuk obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan dan makanan (minuman).
4. Sosialisasi, edukasi dan publikasi terkait obat, obat tradisional, kosmetika, suplemen kesehatan dan makanan (minuman).
5. Tugas lainnya terkait aturan Jaminan Produk Halal sesuai tupoksi BPOM RI.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>