Published On: Fri, Jul 5th, 2019

BPJPH: Kode Warna Akan Menjadi Penanda Status Halal

Share This
Tags
Menteri Agama RI, Lukman Saifuddin, memberikan arahan kepada jajaran BPJPH terkait aplikasi SIHALAL (Foto: Istimewa / @Kemenag_RI – Twitter)

WARTA-APOTEKER.COM, SENAYAN — Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) Prof. Sukoso meluruskan pertanyaan dari peserta Introduction License & Ceritification In Indonesia terkait produk yang harus mendapat sertifikat halal. “Menurut UU No. 33 Tahun 2014 Tentang Jaminan Produk Halal yang dimaksud dengan produk adalah barang dan / atau jasa yang terkait dengan makanan, minuman, obat, kosmetik, produk kimiawi, produk biologi, produk rekayasa genetik, serta barang gunaan yang dipakai, digunakan, atau dimanfaatkan oleh masyarakat,” terang Sukoso. Sukoso juga menambahkan bahwa selain produk, hal lain yang perlu menjadi perhatian adalah proses produksi halal. Untuk itu perlu penyelia halal yang dapat memastikan bahwa proses produksi dijamin kehalalannya. Forum yang digagas oleh Korea Trade-Investment Promotion Agency didukung oleh Embassy of The Republic of Korea berlangsung di Hotel Mulia, Jakarta.

Sukoso menambahkan bahwa hari-hari ini, seluruh sumber daya BPJPH mencurahkan segala daya dan upaya untuk mempercepat terbitnya aturan teknis. “Segala hal terkait halal seperti tarif, label, aplikasi dan lain sebagainya sedang didiskusikan setiap harinya,” ujar Sukoso. Sukoso mencontohkan bahwa pihaknya mengajukan kode warna sebagai penanda status halal, termasuk usulan tarif yang dikenakan untuk mendapat sertifikat halal. Sukoso mengajak seluruh pihak untuk bersabar menunggu aturan yang pasti.

Hal tersebut akan didiskusikan kepada seluruh pemangku kepentingan seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Kesehatan, BPOM dan Kementerian Keuangan. Sukoso berharap pada saat nanti mulai diberlakukan seluruh aturan sudah siap. Sukoso juga mengingatkan bahwa selama semuanya sedang disiapkan, Sukoso menginginkan semuanya dapat berjalan dengan nyaman. “Untuk menyiapkan Peraturan Pemerintah yang sekarang saja, kami melakukan 36 kali Focus Group Discussion dan dua kali ditolak,” selorohnya.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>