Published On: Sun, Jun 30th, 2019

PC IAI Kabupaten Cirebon: Peran Apoteker Dalam Managemen Diabetes

Share This
Tags
Ketua IAI PC Kabupaten Cirebon, Heri Pambudi Apt, memberikan penghargaan kepada apoteker berprestasi. (Foto: Istimewa / Egi KC Online)

WARTA-APOTEKER.COM, CILEUNGSI — Peran apoteker jelas tergambar dalam managemen diabetes termasuk didalamnya identifikasi pasien, assesment, edukasi, rujukan dan pemantauan. Apoteker mampu mengidentifikasi pasien diabetes melalui skrining dan dapat menyasar pasien beresiko tinggi, orang dengan anggota keluarga yang memiliki riwayat penyakit serta wanita dengan riwayat diabetes gestasional atau yang melahirkan bayi dengan berat lebih dari 9 pounds atau sekitar 4 Kg.

Pendidikan pasien harus diberikan segera setelah diagnosis, pada tahap kedua di mana penilaian pasien dapat dilakukan, dan pada tahap ketiga di mana pasien dapat menerima pendidikan berkelanjutan untuk memperkuat konsep dan dorongan motivasi. Salah satu peran paling penting apoteker adalah rujukan pasien ke anggota lain dari tim perawatan diabetes.

Meskipun peran apoteker dalam memantau diabetes tidak didefinisikan dengan baik, itu mungkin termasuk hal-hal seperti memastikan apakah kunjungan dokter dan pengujian untuk menilai kontrol glikemik jangka panjang. Menerapkan layanan manajemen diabetes memerlukan komitmen waktu, upaya, dan sumber daya dan mungkin memerlukan pelatihan staf dan perubahan pola kerja.

Apoteker dapat memainkan peran penting dalam perawatan diabetes dengan menyaring pasien yang berisiko tinggi untuk diabetes, menilai status kesehatan pasien dan kepatuhan terhadap standar perawatan, mendidik pasien untuk memberdayakan mereka untuk merawat diri mereka sendiri, merujuk pasien ke profesional perawatan kesehatan lainnya yang sesuai, dan memantau hasil.

Menyediakan layanan manajemen diabetes membutuhkan pengetahuan pasar, keterampilan komunikasi, dan komitmen waktu, upaya, dan sumber daya.

Andri Adiyata, Apt selaku Ketua Panitia Seminar & Rakercab IAI PC Kabupaten Cirebon seperti dilansir media daring kabarcirebon.co.id sengaja memilih tema Pharmaceutical Care Untuk Kasus Kegawatdaruratan Pada Pasien, Pada Pasien Jantung dan Diabete Mellitus. Salah satu alasannya adalah prevalensi penyakit tersebut yang sangat tinggi di Kabupaten Cirebon.

Kegiatan Seminar dirangkaikan dengan Rakercab berlangsung di salah satu gedung pertemuan di Jl. Tuparev, Cirebon pada Sabtu, 29 Juni 2019

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>