Published On: Sat, Mar 30th, 2019

Farmasi UNMA Banten Goes To Singapore Malaysia 2019 [ADVERTORIAL]

Share This
Tags
This image has an empty alt attribute; its file name is MSU-Workshop-Pharmaceutical-Care-1024x577.jpeg
Prof. Dr. Yahaya Hassan giving his lecturer to the delegation from FSF UNMA Banten (Foto: Istimewa / Erin Dwi Asih Maulani)

Sekitar 64 mahasiswa Farmasi Universitas Mathla’ul Anwar Banten didampingi 7 dosen berkesempatan melakukan kegiatan Education Trip ke Singapore – Malaysia. Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari 3 malam sejak Senin – Kamis, 25 – 28 Maret 2019, tersebut sangat dirasakan manfaatnya baik bagi mahasiswa maupun dosen pendamping.

Hari Pertama, Senin 25 Maret 2019

Rombongan mahasiswa dan dosen berangkat dari masing-masing lokasi menuju Bandara Internasional Soekarno Hatta Cengkareng Banten menggunakan bis dan kendaraan pribadi. Rombongan bertolak ke Singapore untuk menikmati city tour sejak siang hingga malam hari. Lokasi pertama yang dikunjungi adalah Merlion Park yang merupakan landmark Singapura dan objek wisata utama. Lokasi selanjutnya adalah Masjid Sultan untuk melaksanakan sholat Dzuhur dan Gardens by the Bay, taman alam yang membentang seluas 101 hektar dari tanah reklamasi di Wilayah Tengah Singapura. Lokasi terakhir yang dikunjungi adalah Bugis Street untuk berbelanja souvenir / cindera mata. Selesai di Bugis Street rombongan berangkat menuju Malaysia melalui Johor menggunakan bis.

Hari Kedua, Selasa 26 Maret 2019

Rombongan memasuki Malaysia tepat tengah malam dan melanjutkan perjalanan menuju Kuala Lumpur. Setelah beristirahat sejenak untuk sholat Subuh, makan dan bersih – bersih di Rest Area Seremban. Rombongan dibagi menjadi 2 kelompok, kelompok pertama sebanyak 39 orang berangkat menuju Management Science University untuk mengikuti Mini Workshop Pharmaceutical Care. Sementara, kelompok kedua memulai kegiatannya dengan melakukan city tour ke Genting Highlands.

Workshop Pharmaceutical Care, Campus Tour & Hospital Tour

Rombongan 39 orang dari FSF UNMA diterima langsung oleh Dekan Sekolah Farmasi MSU, Assoc., Prof., DR. MOHD. FADLI ASMANI, RPh., MMPS. Rombongan disambut hangat dan bersahabat di salah satu ruang kelas School of Pharmacy (SPH), M0803. Acara dimulai dengan sambutan dari Dekan SPH dan dilanjutkan dengan sambutan dari Dekan FSF UNMA Banten, Mu’jijah, S.Si., M.Sc. Selesai kedua sambutan, acaranya dilanjutkan dengan tukar menukar cindera mata. Tepat pukul 10:00 waktu setempat, acara Mini Workshop Pharmaceutical Care yang diberikan Prof. Dr. Yahaya Hassan, Professor of Pharmacy Practice. Beliau adalah salah seorang murid dari Linda M. Strand, PharmD, PhD -A pioneer of Pharmaceutical Care-. Prof. Dr. Yahaya Hassan sangat piawai memberikan materi tentang Pharmaceutical Care yang diberi topik: “The Contribution Of Pharmaceutocal Care To The Identification And Prevention Or Resolving Of Drug-Related-Problem In Patient Centre” sehingga dapat difahami dengan mudah oleh seluruh peserta workshop. Waktu 2 jam yang disediakan dirasa sangat singkat. Sesuatu yang luar biasa mendapat ilmu dari Beliau yang langsung menimba ilmunya dari penggagas Pharmaceutical Care.

Ruang Simulasi Apotek MSU (Foto: Istimewa / Erin Dwia Asih Maulani)

Selesai makan siang dan istirahat, kegiatan dilanjutkan dengan melakukan campus tour ke beberapa laboratorium, perpustakaan, ruang simulasi apotek dan diakhiri ke MSU Hospital yang belum lama diresmikan hingga sore hari dan rombongan menuju hotel.

Hari Ketiga, Rabu 27 Maret 2019

Setelah cukup beristirahat di hotel, pagi hari didahului dengan sarapan, rombongan pergi ke salah satu industri coklat lokal dan city tour ke berbagai tempat seperti, Dataran Merdeka, Istana Merdeka, Twins Tower, Batu Cave dan beberapa pasar untuk berbelanja cindera mata.

Hari Keempat, Kamis 28 Maret 2019

Rombongan pertama yang sudah berkunjung ke MSU, pukul 08:00 waktu setempat langsung diantar ke Terminal KLIA 1 untuk kembali ke tanah air. Sementara, rombongan kedua bersiap-siap melakukan Program Lawatan Akademik To Hospital Chancellor Tuanku Muhriz, Universiti Kebangsaan Malaysia. Rombongan diterima oleh YBhg. Dato’ Faridah Md Yusof, Ketua Jabatan Farmasi HCTM PPUKM, Associate Prof. Dr. Mohd Makmor Bakry, Dean of Fakulti Farmasi yang sekaligus memberikan Welcome Address dan dilanjutkan sambutan oleh Dekan FSF UNMA, Mu’jijah, S.Si., M.Sc. dilengkapi dengan tukar  menukar cindera mata dari kedua belah pihak. Selesai penyerahan cindera mata, acara diskusi diberikan kepada seluruh peserta yang hadir termasuk mahasiswa. Antusiasme peserta terutama para mahasiswa harus tertahan karena kegiatan akan dilanjutkan dengan hospital tour. Diskusi hangat berlangsung selama kegiatan hospital tour antara mahasiswa dengan staff farmasi PPUKM. Mahasiswa diajak berkeliling dan diberikan penjelasan ke seluruh bagian farmasi di HCTM PPUKM, seperti Farmasi IGD, Farmasi Rawat Inap, Farmasi Rawat Jalan. Peserta juga diajak berkeliling mempelajari IV Admixture, Total Parenteral Nutrition, Pneumatic Tube System dan E-prescribing. Tepat pukul 12:00 waktu setempat, rombongan berpamitan menuju KLIA 2 untuk kembali ke tanah air.

“Aku, kamu dan mereka beda dalam banyak hal tapi satu dalam FSF UNMA Banten, BERSAMA AKAN LEBIH MUDAH”

Hadapi, Jalani & Nikmati

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>