Published On: Sun, Dec 31st, 2017

17 Tahun BPOM: 40 Pos POM Segera Hadir Di Tengah Masyarakat

Share This
Tags
http://www.pom.go.id/new/admin/dat/20171013/Kunjungan_Ende_(2).jpeg

Kepala BPOM RI, Ir. Penny Kusumastuti Lukito, MCP., Ph.D memberikan sambutan di Kantor Bupati Ende pada kunjungan kerja ke Pos POM Ende, Flores (Foto: Istimewa / BPOM)

JAKARTA, Warta Apoteker – “Tahap awal, kami akan mendirikan 40 Pos POM agar semakin dekat dengan masyarakat dan penguatan aspek infrastruktur pun akan semakin diperluas,” jelas Penny menjawab pertanyaan Warta Apoteker via WA, Ahad (31/12/2017). Kepala Badan Pengawas Obat dan Makanan RI, Ir. Penny Kusumastuti Lukito, MCP, PhD menjelaskan kepastian 40 Pos POM masih sedang dalam proses pembahasan. “Kriteria seperti apa dan daerah kabupaten / kota mana saja, akan kami paparkan pada acara di awal tahun,” kata Penny.

Hal ini sesuai dengan berita yang dilansir kabartriton.com, bahwa seluruh kabupaten / kota di Papua Barat akan didirikan Pos POM berdasarkan keterangan Kepala BPOM Papua Barat, Mojaza Sirait, S.Si, Apt, saat melakukan sosialisasi terkait dengan Perpres Nomor 80 tahun 2017 tentang struktur baru BPOM, yang berlangsung di Kaimana Beach Hotel, Rabu (27/09/2017). Tidak tertutup kemungkinan, ada Pos POM yang akan meningkat menjadi Balai POM, seperti Pos POM Ende, Flores.

Artikel terkait:
Pos POM Diusul Naik Jadi Balai

“Kriteria pemilihan kabupaten / kota yang akan memiliki Pos POM, antara lain kesiapan SDM, kesiapan infrastruktur, luas wilayah, subyek pengawasan, apakah masuk daerah perbatasan, pulau terluar dan dukungan pemerintah daerah setempat,”sambung Penny.

Menurut Penny, peningkatan status ini merupakan tindak lanjut dari Perpres No 80 tahun 2017 tentang Badan Pengawas Obat dan Makanan, dalam rangka penguatan organisasi Badan POM RI sehingga pemberantasan penyalahgunaan obat dan makanan terlarang pada 2018 akan semakin diintensifkan dan diefektifkan.

About the Author

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>